Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN UNIVERSITAS STOCKHOLM TEMUKAN GEN YANG BANTU TANAMAN AIR

Tanggal : 19 December 2018

Penelitian dari Universitas Stockholm mengungkapkan bahwa gen khusus menjaga tanaman dari tidak layu, tetap sehat meskipun kekurangan oksigen karena mereka di bawah air untuk jangka waktu yang lama.

 

Sylvia Lindberg, profesor dari Universitas Stockholm, melihat bagaimana tanaman menjadi lebih tahan terhadap defisiensi oksigen. Selama periode ini, gen khusus memberikan sinyal berbahaya dan tanaman mengaktifkan gen-gen lain untuk membantu mempertahankan diri sendiri. Salah satu dari gen-gen ini adalah PLD, yang terbentuk dari enzim fosfolipas D. Hingga saat ini, peran kunci yang dimainkannya dalam sistem sinyal defisiensi oksigen tanaman tidak diketahui.

 

Lindberg dan tim penelitiannya menggunakan tanaman mutan yang tidak memiliki gen yang berpotensi melindungi untuk melihat bagaimana mereka akan melakukannya selama simulasi banjir. Daun-daun tanaman mutan berubah menjadi kuning dan mati, artinya bahwa gen memainkan peran menjaga tanaman dalam kondisi baik. Pada tanaman mutan lainnya menghasilkan sedikit kalsium dan sedikit asam fosfatidat, zat yang menandakan stres pada tanaman.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya dari Universitas Stockholm https://www.su.se/deep/english/about-us/news/the-gene-helping-submerged-plants-1.417722.