Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN TIONGKOK KENALI MEKANISME MOLEKULAR DIBALIK PANJANGNYA BULIR PADI

Tanggal : 15 July 2015

Sebuah tim ilmuwan dari China National Rice Research Institute of the Chinese Academy of Agricultural Sciences dan Institute of Genetics and Developmental Biology of the Chinese Academy of Sciences telah mengidentifikasi desain molekul ukuran bulir dan pengembangbiakan hasil tinggi dan kualitas tinggi varietas padi baru.

 

Studi mengenai varietas padi Japonica bulit panjang Amerika menunjukkan bahwa kromosom 7 (GL7) mengkode sebuah protein yang mirip dengan protein Arabidopsis yang mengatur pemanjangan sel memanjang. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa duplikasi tandem dari segmen 17,1-kb di lokus GL7 menyebabkan peningkatan regulasi GL7 dan turunnya regulasion dari regulator negatif terdekat dalam tingkat ekspresi gen, sehingga meningkatan panjang bulir dan memperbaiki kualitas penampilan gabah, karena penurunan kapur dan persentase kernel berkapur.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca rilis berita pada situs Kementerian Pertanian Republik Rakyat Tiongkok di http://english.agri.gov.cn/news/dqnf/201507/t20150710_26048.htm atau baca abstraknya pada Nature Genetics di http://www.nature.com/ng/journal/vaop/ncurrent/full/ng.3346.html.