Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN TEMUKAN GEN YANG BERIKAN TOLERANSI TERHADAP BANJIR, TOLERANSI KEKERINGAN, DAN KETAHANAN PENYAKIT DALAM PADI

Tanggal : 21 March 2018

Kolaborasi internasional antara para peneliti di Universitas Copenhagen, Universitas Nagoya, dan University of Western Australia telah menemukan satu gen dalam padi yang memberikan toleransi banjir, toleransi kekeringan, dan toleransi penyakit, dan penemuan gen ini merupakan langkah utama dalam pencarian untuk menghasilkan tanaman pintar iklim. 

 

Gen LGF1 mengendalikan struktur nano permukaan daun. Selama banjir terjadi, gen memungkinkan padi yang terendam tetap hidup karena lilin struktur nano mempertahankan Leaf Gas Film; oleh karena itu nama gen tersebut adalah LGF1. Film-film gas memfasilitasi pertukaran gas dengan air sehingga karbon dioksida dapat diambil pada siang hari untuk bahan bakar fotosintesis dalam air, dan oksigen dapat diekstraksi pada malam hari. Gen LGF1 juga memberikan toleransi kekeringan, karena kristal lilin kecil mengurangi evaporasi dari permukaan daun, melindungi air jaringan. “kami telah mengkaji pentingnya film gas daun selama padi terendam, dan dalam beberapa situasi, padi tumbuh dengan baik ke atas, serta di bawah air – hanya karena padi memiliki gen LGF1”, ujar Ole Pedersen dari Univeritas Copenhagen.

 

Selengkapnya baca di University of Copenhagen News http://www1.bio.ku.dk/presserum/pressemeddelelser/flood-drought-and-disease-tolerant--one-gene-to-rule-them-all/.