Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN TEMUKAN DASAR GENETIKA KAPAS SERAT COKLAT

Tanggal : 12 September 2018

Kapas serat coklat memainkan peran penting dalam industri tekstil, karena ramah lingkungan dan tidak memerlukan pencelupan. Namun, hasil dan kualitasnya yang buruk mengancam daya pemasarannya. Dengan demikian, peneliti Zhongxu Lin dari National Key Laboratory of Crop Genetic Improvement di Huazhong Agricultural University dan koleganya mempelajari dasar genetika warna serat dan karakteristik terkait serat pada kapas serat coklat melalui pemetaan hubungan dan asosiasi.

 

Dengan menggunakan alat genetika canggih, para peneliti memetakan Lc1, wilayah genomik yang paling banyak dipelajari untuk sifat serat coklat kapas. Mereka mengidentifikasi dua quantitative trait loci (QTLs) utama, qBF-A07-1 and qBF-A07-2 yang mengatur pembentukan dan variasi warna. QTLs ini juga ditemukan berinteraksi untuk mempengaruhi hasil serat dan kulaitas kapas coklat secara negatif. Dengan demikian, mereka menyimpulkan bahwa keseimbangan antara warna dan kualitas kapas coklat harus dicapai untuk mengembangkan kultivar serat coklat elit yang akan memiliki nilai pasar yang baik.

 

Untuk lebih lengkap, baca penelitiannya di Plant Biotechnology Journal https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/pbi.12902.