Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN SANDIKAN GENOM FALL ARMYWORM

Tanggal : 4 October 2017

Sebuah konsorsium internasional telah menyusun salah satu genom pertama ngengat dari keluarga superfamily Noctuoidea: Spodoptera frugiperda, atau fall armyworm. Tidak seperti kebanyakan serangga herbivora, armyworm sangat polyphagous dan menyerang lebih dari seratus spesies tumbuhan, termasuk jagung, padi, sorgum, kapas, dan kedelai.

 

Tim peneliti pertama-tama menganalisis sekelompok gen yang terlibat dalam mengenal tanaman inang yang memungkinkan mereka diberi makan atau bertelur. Para peneliti menemukan perluasan jumlah gen (230 lawan 45-74 di Lepidoptera lainnya) yang mengkodekan jenis reseptor rasa tertentu. Mereka menemukan reseptor ini terletak pada truf ngengat (belalai) atau di bawah kaki mereka, yang memungkinkan serangga mendeteksi racun atau komponen senyawa pahit yang diproduksi oleh tanaman. Satu-satunya serangga yang diketahui memiliki ekspansi reseptor rasa seperti itu adalah red flour beetle, yang juga menyerang berbagai jenis makanan.

 

Para peneliti menemukan perluasan di dua dari empat keluarga gen utama untuk detoksifikasi (encoding cytochrome P450s (CYP) atau glutathione-S-transferases (GST). Gen-gen ini untuk ketahanan terhadap pestisida. Tim juga menggambarkan sekelompok gen yang terlibat dalam pencernaan dari jaringan tanaman

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di Institut National de la Recherche Agronomique  http://presse.inra.fr/en/Press-releases/genome-of-Fall-Armyworm.