Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN SALK BANTU TANAMAN MEMPEROLEH ZAT BESI MENGGUNAKAN VARIAN GEN

Tanggal : 7 June 2017

Para ilmuwan Salk menemukan varian gen yang membantu tanaman tumbuh subur di lingkungan dengan zat besi rendah, yang dapat membantu meningkatkan hasil panen petani dan menyediakan sumber zat besi yang lebih kaya untuk manusia dan hewan. Penelitian ini dipublikasikan di Nature Communications.

 

Asisten peneliti Salk Wolfgang Busch dan peneliti lainnya dari Gregor Mendel Institute of Molecular Plant Biology menggunakan bibit Arabidopsis dari strain di Swedia, yang terpapar pada tanah dengan konsentrasi zat besi yang bervariasi. Mereka menanam benih dalam kondisi rendah zat besi dan memantau pertumbuhan akarnya. Kemudian mereka menggunakan Genome Wide Association Study (GWAS), yang menghubungkan gen dengan sifat seperti panjang akar. Hal ini membawa mereka ke gen FRO2, yang memiliki kaitan kuat dengan panjang akar. Bentuk gen lainnya dikelompokkan menjadi dua kelompok: satu kelompok dihubungkan dengan akar pendek, dan satu lagi dihubungkan dengan akar yang panjang.

 

Tim menonaktifkan FRO2 di beberapa tanaman, yang tumbuh akar kerdil. Kemudian mereka mengganti gen itu dengan salah satu dari dua bentuknya dan memaparkan tanaman dalam kondisi rendah besi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk gen lain yang memberikan aktivitas gen FRO2 yang lebih tinggi dapat bertanggung jawab terhadap pertumbuhan akar dan kesehatan tanaman dalam kondisi rendah zat besi.

 

Karena FRO2 terdapat di semua tanaman, meningkatkan ekspresinya pada tanaman pangan atau mencari bentuk lainnya yang membantu berkembang di tanah yang buruk dapat meningkatkan hasil panen secara signifikan sambil menghadapi perubahan iklim dan pertumbuhan populasi yang cepat.

 

Baca rilis berita dari Salk untuk lebih lengkapnya http://www.salk.edu/news-release/helping-plants-pump-iron/.