Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN SAINSBURY LABORATORY PECAHKAN MISTERI RESPON TANAMAN TERHADAP PANAS YANG BERUSIA 79 TAHUN

Tanggal : 21 February 2018

Para ilmuwan di Sainsbury Laboratory telah menemukan bagaimana tanaman berbeda merespon tekanan panas bergantung pada waktu, menyelesaikan mistesi yang berusia 79 tahun.

 

Sejak 1939, diketahui bahwa respon tanaman terhadap tekanan panas berfluktuasi antara siang dan malam hari. Siklus harian ketahanan panas tanaman merupakan strategi dari saat terpanas pada siang hari, dan mencegah pemborosan energi pada malam hari ketika lebih dingin. Pemahaman respon tanaman terhadap tekanan panas sangat penting bagi pengembangan tanaman yang dapat menahan kenaikan suhu rata-rata dan gelombang panas yang lebih sering terjadi dalam perubahan iklim. Dr. Patrick Dickinson, rekan peneneliti di Departemen Ilmu Tanaman Univeritas Cambridge, menemukan bahwa sejumlah gen diketahui terlibat dalam formasi kloroplas juga memiliki efek besar pada respon tanaman terhadap suhu tinggi.

 

Penemuan ini menunjukkan pada kloroplas yang terlibat dalam melindungi tanaman dari panas. Dr. Dickinson menemukan bahwa ada sinyal yang dikirim dari kloroplas sebagai respon terhadap cahaya, yang kemudian mengaktifkan ekspresi gen dalam nukleus untuk membuat tanaman tahan terhadap panas. Dr. Dickinson menyatakan bahwa molekul persinyalan berhubungan dengan rantai transpor elektron fotosintetik, yang dikomunikasikan ke nukleus untuk mengaktifkan ekspresi gen, tetapi sinyal tersebut belum jelas.

 

Untuk informasi lebih kunjungi Sainsbury Laboratory News and Events https://www.slcu.cam.ac.uk/news/plants-feel-the-heat.