Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN LENGKAPI URUTAN GENOM GANDUM ROTI

Tanggal : 13 January 2016

International Wheat Genome Sequencing Consortium (IWGSC) melaporkan bahwa perakitan seluruh genom gandum roti, sereal yang paling banyak ditanam secara global, telah selesai. Proyek ini terdiri dari memproduksi perakitan genom seluruh variasi gandum roti Chinese Spring berdasarkan pembacaan sekuen pendek Illumina yang dirakit dengan software NRGene DeNovo MAGIC. Diharapkan dengan tersedianya data baru ini, penelitian global mengenai pengembangan tanaman akan dipercepat.

 

Informasi mengenai perakitan seluruh genom akan digabungkan dengan peta fisik berdasarkan urutan data untuk memberikan hasil berkualitas tinggi, memesan urutan untuk setiap kromosom gandum tentang ketepatan lokasi gen, elemen regulasi, dan penanda sepanjang kromosom, menyediakan alat-alat penting untuk pemulia gandum.

 

"Urutan genom gandum baru ini yang dihasilkan oleh IWGSC dan mitranya merupakan sebuah kontribusi penting untuk memahami cetak biru genetik dari salah satu tanaman yang paling penting di dunia," ujar Curtis Pozniak, salah satu peneliti yang bekerja pada proyek ini. "Ini akan menyediakan peneliti gandum dengan sumber daya baru yang menarik untuk mengidentifikasi gen yang paling berpengaruh penting untuk adaptasi gandum, respon stres, resistensi hama, dan peningkatan hasil."

 

Baca artikel aslinya di IWGSC http://www.wheatgenome.org/News/Press-releases/Wheat-Genome-Sequencing-Gets-Major-Boost.