Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN IDETIFIKASI QTLS JAGUNG UNTUK SELEKSI SIMULTAN AKAR DAN SIFAT AGRONOMI

Tanggal : 29 August 2018

Akar memainkan peran penting di awal pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan terlibat dalam respon stres dan absorpsi nutrisi dan air. Para peneliti sebelumnya telah mengidentifikasi sekuens DNA yang terkait dengan sifat akar, tetapi sekuens-sekuens ini belum digunakan dalam program pemuliaan.

 

Ilmuwan Chuanli Ju dari National Maize Improvement Center of China dan koleganya mengidentifikasi 36 quantitative trait loci (QTLs) putative yang terkait dengan sifat akar jagung, termasuk panjang akar primer, jumlah total akar primer, seminal, dan tajuk, jumlah akar lateral, jumlah total ujung akar, total panjang akar, luas permukaan akar, dan diameter alar rata-rata. Mereka menganalisis sifat-sifat akar ini pada tiga titik waktu setelah perkecambahan menggunakan populasi recombinant inbred line (RIL) Zong3 x Yu87-1.

 

Khususnya, mereka menemukan QTL pleiotropik yang terkait dengan lebih dari satu sifat akar. Beberapa QTLs juga terkait dengan sifat-sifat agronomi yang penting (hasil gabah, tinggi tanaman, respon stres) yang sebelumnya diidentifikasi menggunakan RILs yang sama. Sifat-sifat ini memiliki korelasi yang kuat hingga sedang dengan QTLs. QTLs ini akan sangat berguna dalam seleksi tanaman jagung yang dibantu oleh penanda secara bersamaan yang mengandung sifat akar dan agronomi yang berguna.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di BMC Plant Biology https://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-018-1383-5.