Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN IDENTIFIKASI KINASES TERLIBAT DALAM FOTOSINTESIS CAM NANAS

Tanggal : 3 October 2018

Pembukaan stomata di malam hari dan pengambilan CO2 dan karakteristik fikasasi dari tanaman Crassulacean Acid Metabolism (CAM) adalah sifat yang diinginkan dapat ditransfer untuk memberikan toleransi kekeringan pada tanaman C3, seperti padi, gandum, kentang, dan kacang. Protein kinases (PKs) memainkan peranpenting dalam proses-proses tersebut. Namun, hanya sedikit PKs yang telah dipelajari.

 

Ilmuwan Zong-Ming Cheng dari Nanjing Agricultural University dan rekannya melakukan analisis data RNA untuk identifikasi dan karakterisasi PKs dalam nanas. Mereka lebih lanjut mengidentifikasi PKs terlibat dalam fotosintesis CAM. Hasil menunjukkan 758 gen PKS teridentifikasi, yang diklasifikasikan ke dalam 20 kelompok dan 116 famili berdasarkan urutan domain. Duplikasi gen dan splicing alternatif, yang berfungsi dalam respon stres, ditemukan. Hasil yang signifikan termasuk PKs diekspresikan secara berbeda dalam daun dari jaringan lain dan Pks diekspresikan pada waktu yang berbeda dalam satu hari. PKs ini mungkin memiliki peran dalam fotosintesis CAM.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel di BMC Plant Biology https://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-018-1389-z.