Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN CSIRO KEMBANGKAN ROTI GANDUM YANG LEBIH SEHAT

Tanggal : 15 July 2015

Para ilmuwan di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) Australia sedang mengembangkan roti gandum yang akan menyehatkan seperti oat dan barley.

 

Bulir oat dan barley kaya serat larut yang dikenal sebagai betaglukan, dapat mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, kebanyakan orang lebih memilih roti yang terbuat dari gandum, yang memiliki betaglucan kurang larut. Dr. Steve Jobling dan ilmuwan lainnya di CSIRO baru-baru ini menemukan perbedaan dalam struktur betaglukan antara oat dan gandum.

 

"Ada perbedaan yang sangat kecil dalam enzim yang membuat betaglukan dalam gandum dan oat. Bahkan, terdapat perbedaan sebuah asam amino tunggal dalam protein dan kami telah menemukan bahwa satu perbedaan asam amino dapat mengubah struktur dan membuatnya lebih mudah larut," jelas Dr. Jobling.

 

Saat ini, tim peneliti mereka melakukan uji coba gandum yang telah direkayasa dengan gen yang diberikan karakteristik oat-penurun kolesterol.

 

"Tanaman ini dimodifikasi secara genetik karena mereka memiliki gen dari oat dalam gandum dan kita menanamkan mereka dalam uji coba lapangan terkontrol saat ini untuk mendapatkan biji-bijian yang cukup untuk menguji kualitas pembuatan roti, serta untuk menentukan apakah mereka benar-benar menurunkan kolesterol, "katanya.

 

Dr. Jobling memperkirakan bahwa hal itu akan memakan waktu sekitar 5 tahun lagi untuk mendapatkan gandum GM untuk dipasarkan.

 

Baca selengkapnya pada situs CSIRO di http://www.csiro.au/en/Research/AF/Areas/Plant-Science/Wheat-barley/b-glucan-wheat dan wawancara ABC Rural dengan Dr. Jobling di http://www.abc.net.au/news/2015-07-05/csiro-developing-wheat-with-cholesterol-lowering-qualities/6595372.