Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN AJUKAN GLOBAL SURVEILLANCE SYSTEM UNTUK PENYAKIT TANAMAN

Tanggal : 3 July 2019

Ilmuwan di The Sainsbury Laboratory, bekerja sama dengan International Center for Tropical Agriculture (CIAT), dan John Innes Centre, memperingatkan bahwa dunia tidak siap untuk keadaan darurat kesehatan tanaman selanjutnya, termasuk munculnya epidemik baru dan penyakit tanaman.

 

Dalam makalahnya yang dipublikasi di Science, para ilmuwan mengajukan untuk menciptakan Global Surveillance System (GSS) yang akan memperluas dan mengadaptasi praktek biosecurity dan fasilitas jaringan yang sudah mapan. Model untuk GSS berasal dari pelajaran yang diperoleh dari wabah sebelumnya seperti wabah wheat blast di Bangladesh pada 2016 dan wabah bakteri Xylella fastidiosa yang menyerang pohon zaitun di Eropa pada 2013. Pengajuan berasal dari para ahli kelompok multidisiplin dari akademisi, pusat penelitian, dan organisasi pemberi dana yang bekerja pada isu-isu terkait tanaman dan kesehatan manusia. 

 

Kelompok ini berharap bahwa kerangka kerja GSS yang mereka usulkan traksi keuntungan pada 2020, yang ditetapkan sebagai International Year of Plant Health oleh PBB. Sistem akan memprioritaskan enam tanaman pangan utama – jagung, kentang, singkong, padi, kacang, dan gandung – serta tanaman pangan penting dan tunai lainnya yang diperdagangkan melintasi batas. Selain memanfaatkan teknologi canggih untuk pemotongan untuk diagnosa penyakit yang cepat, GSS juga akan memanfaatkan jaringan komunikasi, termasuk sosial media, untuk penyebaran informasi yang lebih cepat. 

 

“Banyak kerja sama dan diskusi yang diperlukan untuk meningkatkan sistem yang sudah ada sehingga kita dapat menghindari wabah yang memberi dampak negatif pada ketahanan pangan dan perdagangan” catat Mónica Carvajal, seorang peneliti di CIAT dan pemimpin penulis makalah ini. 

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel di Science https://science.sciencemag.org/content/364/6447/1237, CIAT https://blog.ciat.cgiar.org/the-world-needs-a-global-system-to-detect-and-halt-the-spread-of-emerging-crop-diseases/, dan The Sainsbury Laboratory http://www.tsl.ac.uk/news/world-prepared-next-plant-health-emergency-scientists-warn/.