Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

IDENTIFIKASI GEN YANG AKAN BANTU KEMBANGKAN TANAMAN UNTUK HADAPI PERUBAHAN IKLIM

Tanggal : 17 July 2019

Jaringan bawah tanah dari akar mencari nutrisi dan air untuk makanan tanaman. Namun, genetika dan mekanisme molekular yang mengatur bagian mana dari akar tanah yang dieksplorasi belum diketahui. Dalam terobosan yang akan membantu mengurangi karbon atmosfer dari tanaman, peneliti dari Institut Salk telah menemukan satu gen yang menentukan kedalaman pertumbuhan akar dalam tanah. Penemuan penelitian ini akan memungkin peneliti untuk mengembangakan tanaman yang akan membantu melawan perubahan iklim sebagian dari Harnessing Plants Initiative Salk.                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Peneliti menggunakan thale cress (Arabidopsis thaliana) untuk mengidentifikasi gen yang mengatur cara kerja auksin. Auksin adalah hormon yang memainkan peran kunci dalam mengontrol arsitektur sistem akar tanaman. Tim menemukan bahwa gen yang disebut EXOCYST70A3 secara langsung mengatur arsitektur sistem akan dengan mengendalikan jalur auksin tanpa mengganggu jalur lainnya. Gen melakukan ini karena disebabkan distribusi PIN4, protein yang mempengaruhi transport auksin. Ketika peneliti mengubah gen EXOCYST70A3, mereka menemukan bahwa orienstasi sistem akar berubah dan lebih banyak akar yang tumbuh lebih dalam ke tanah.

 

Selain untuk mengembangkan tanaman yang dapat menanam sistem akar lebih dalam akan menyimpan lebih banyak karbon, penemuan ini juga dapat membantu para ilmuwan untuk memahami cara tanaman mengatasi variasi musiman dalam curah hujan dan cara untuk membantu tanaman beradaptasi dalam perubahan iklim. 

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di Salk News https://www.salk.edu/news-release/gene-identified-that-will-help-develop-plants-to-fight-climate-change/.