Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

IDENTIFIKASI GEN KERENTANAN POWDERY MILDEW PADA TANAMAN SOLANACEAE

Tanggal : 1 July 2015

Gen spesifik dari gen keluarga Mildew Locus O (MLO) yang terkait dengan kerentanan terhadap penyakit jamur powdery mildew, yang menyebabkan kerugian ekonomi dalam pengaturan pertanian. Untuk mencari sumber ketahanan terhadap powdery mildew, Michela Appiano dari Universitas Wageningen dan rekan mengembangkan strategi pemuliaan berdasarkan inaktivasi selektif gen kerentanan MLO pada tanaman yang berbeda.

 

Metodologi PCR berbasis digunakan untuk mengisolasi gen MLO dari terong, kentang, dan tembakau, yang merupakan tempat umum jamur powdery mildew. Para peneliti mampu mengisolasi gen, yaitu SmMLO1, StMLO1 dan NtMLO1 masing-masing dari terong, kentang, dan tembakau. Analisis genetik menunjukkan bahwa gen ini berasal dari nenek moyang yang sama dengan SlMLO1 tomat dan CaMLO2 lada, sebelumnya terbukti penting untuk pathogenesis powdery mildew.

 

Selanjutnya, NtMLO1 tembakau ditandai sebagai gen kerentanan powdery mildew. Mutasi nukleotida tunggal NtMLO1 juga menyebabkan lengkapnya loss-of-function dari gen.

 

Hasil penelitian ini sangat penting dalam memahami evolusi gen MLO di Solanaceae dan pendekatan pemuliaan molekuler untuk mengembangkan resistensi powdery mildew menggunakan genetika terbalik.

 

Baca publikasi artikel penelitian di Transgenic Research http://link.springer.com/article/10.1007/s11248-015-9878-4.