Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

HAWRKY76 DARI BUNGA MATAHARI BERIKAN TOLERANSI TEKANAN AIR DAN MENINGKATKAN HASIL PADA ARABIDOPSIS

Tanggal : 12 August 2015

Defisit air dan kelebihan air merupakan tekanan abiotik serius yang memengaruhi tanaman dan meningkatkan toleransi terhadap tekanan tersebut tanpa mengurangi hasil adalah tujuan utama bagi para peneliti. Sebuah tim peneliti dari Universidad Nacional del Litoral di Argentina baru-baru ini menemukan bahwa HaWRKY76, sebuah faktor transkripsi bunga matahari, mampu untuk memberikan baik dehidrasi dan toleransi kelebihan air pada tanaman transgenik Arabidopsis tanpa mengurangi hasil.

 

Tanaman transgenik Arabidopsis menyajikan biomassa yang lebih tinggi, produksi benih dan mengandung sukrosa dibandingkan kontrol dalam kondisi pertumbuhan standar. Selain itu, mereka menunjukkan toleransi terhadap kekeringan ringan atau tekanan banjir dan juga memiliki hasil yang sama atau meningkat, tergantung pada beratnya stres dan tahap perkembangan tanaman, dibandingkan dengan kontrol.

 

Toleransi kekeringan terjadi melalui mekanisme ABA-independen dan induksi penutupan stomata. Toleransi kelebihan air dapat dijelaskan dengan terjaganya karbohidrat yang dicapai melalui represi dari jalur fermentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa HaWRKY76 dapat menjadi alat potensial dalam meningkatkan hasil panen serta sifat kekeringan dan toleransi terhadap banjir.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di Plant Cell Reports http://link.springer.com/article/10.1007/s00299-015-1852-3.