Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

HASIL PENELITIAN NYATAKAN PEREMPUAN BERPERAN PENTING DALAM BIOTEK

Tanggal : 7 March 2018

Seiring dunia merayakan Hari Perempuan Internasional 2018, lebih banyak perempuan yang berbicara mengenai hak, kesetaraan, dan keadilan mereka. Dengan tema “Time is Now: Rural and Urban Activists Transforming Women's Lives”, Komisi PBB mempusatkan perhatian pada aktivitas perempuan pedesaan, yang merupakan seperempat dari populasi dunia, dan tertinggal dalam setiap ukuran perkembangan.

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ISAAA di Tiongkok, India, dan Filipina, perempuan memainkan peran penting dalam pertanian tanaman biotek. Di India, petani laki-laki mengambil alih kegiatan pertanian yang membutuhkan kerja fisik, tetapi perempuan berperan aktif dalam operasi pertanian seperti penyiangan, pemetikan, dan pembersihan. Di Tiongkok, telah terjadi pertumbuhan feminisasi dalam pertanian kapas. Pekerjaan lapangan terutama yang dilakukan oleh wanita, yang memungkinkan laki-laki terlibat dalam tugas di luar pertanian. Berdasarkan diskusi grup terbatas, penurunan penggunaan pestisida dan lebih sedikitnya kebutuhan buruh untuk menanam tanaman RG menguntungkan perempuan. Di Filipina, perempuan bertanggung jawab atas tugas manajerial seperti menganggarkan biaya pertanian, menentukan masukan, dan mempekerjakan buruh untuk berkerja di pertanian. Ini menunjukkan bahwa perempuan terlibat dalam transformasi pengalaman pertanian tanaman biotek karena nilai yang mereka berikan bagi operasi pertanian keluarga mereka dan manfaat yang mereka peroleh dari teknologi.

 

ISAAA dan jaringan Biotechnology Information Centers (BICs) juga secara aktif berusaha mendorong perempuan untuk berbicara mengenai manfaat bioteknologi melalui kampanye media sosial #ScienceAndShe di Facebook, Twitter, dan Instagram. Para ilmuwan perempuan dan komunikator sains yang terlibat dalam bioteknologi membagian pengalaman dan aspirasi mereka untuk membantu menjembatani kesenjangan antara sains dan publik.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ISAAA, unduh ISAAA Brief 48: Adoption and Uptake Pathways of GM/Biotech Crops by Small-Scale, Resource-Poor Farmers in China, India, and the Philippines http://www.isaaa.org/resources/publications/briefs/48/download/isaaa-brief-48-2014.pdf. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perayaan PBB untuk Hari Perempuan Sedunia kunjungi situs UN Women http://www.unwomen.org/en/news/in-focus/international-womens-day.