Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

HARMONISASI KERANGKA KERJA KEAMANAN HAYATI REGIONAL DI AFRIKA

Tanggal : 27 April 2016

Para pemangku kepentingan di Feed the Future Regional Conference yang diselenggarakan pada 11-12 April 2016 di Arusha, Tanzania telah menyarankan racking cepat dari inisiatif keamanan hayati regional.
 
Dalam salah satu sesi kunci pada "Agricultural Policies and Standards to Advance Agriculture Trade and Access to Inputs", masyarakat ekonomi regional termasuk Common Market for Eastern and Southern Africa (COMESA) dan East African Community menyoroti kemajuan dalam pengembangan dan implementasi kerangka kerja keamanan hayati regional. Peserta mencatat kebutuhan untuk sistem keamanan hayati fungsional di tingkat nasional dan regional karena kecepatan belum pernah terjadi sebelumnya dalam pengembangan dan penyebaran organisme hasil rekayasa genetika, yang memiliki implikasi pada upaya transformasi pertanian dan perdagangan lintas batas.
 
Chief Executive Officer COMESA/ACTESA, Mr. Argent Chuula menjelaskan bahwa COMESA Biotechnology Implementation Plan (COMBIP) diadopsi pada 2015. "Tujuan strategis COMBIP mencakup pembentukan dan pelembagaan mekanisme tingkat pengkajian risiko keamanan hayati regional,"ujar Dr. Chuula. "Demikian pula, East African Community saat ini sedang mengembangkan bioteknologi harmonis dan kerangka kebijakan keamanan hayati. Oleh karena itu adalah kebutuhan penting untuk kerjasama dan kolaborasi di dua komunitas ekonomi regional dalam mengatasi masalah keamanan hayati."
 
Konferensi ini diselenggarakan untuk meningkatkan kolaborasi dan berbagi informasi di antara misi USAID dan mitra untuk meningkatkan integrasi, inovasi, dan meningkatkan hasil.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pertemuan tersebut, hubungi Mr. David K. Wafula (dwafula@eachg.org) Ahli Pertanian Sekretariat East African Community.