Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

HARGA KEDELAI IMPOR NAIK, PRODUKSI DIDORONG

Tanggal : 23 July 2012 | Sumber : BISNIS INDONESIA

 

JAKARTA: Lonjakan harga kedelai impor diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi petani untuk menanam kedelai sehingga produksi dalam negeri akan meningkat.

 

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, kenaikan harga kedelai dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengembangkan kedelai dalam negeri, sehingga harga kedelai lokal akan lebih kompetitif.

 

Sejauh ini, penurunan produksi kedelai lokal disebabkan oleh ketidaktertarikan petani untuk menanam kedelai karena harganya yang terlalu rendah. 

 

Masalah lain yang membuat Indonesia bergantung pada impor adalah berkurangnya lahan baru untuk ditanam kedelai. "Sejak awal saya sudah katakan bahwa kita membutuhkan 500.000 hektar lahan tambahan ," jelasnya.

 

Ia menilai harga kedelai merupakan dilema bagi pemerintah, saat harga tinggi petani tentu saja senang, tapi di sisi lain konsumen terbebani karena harga produk makanan naik.

 

Dosen Universitas Gadjah Mada Muhammad Maksum mengatakan, pemerintah telah menggalangkan program swasembada kedelai pada tahun 2014, dua tahun lalu, tapi tidak terjadi peningkatan produksi. Bahkan, konsumsi kedelai dalam negeri mencapai hampir2 juta ton setiap tahun.

 

Biro Pusat Statistik memperkirakan bahwa produksi kedelai tahun ini turun 8,4% dibandingkan dengan tahun lalu, dan kita tidak mungkin dapat mengejar target produksi untuk memenuhi permintaan domestik.(T03/aph)

 

Sumber: http://en.bisnis.com/articles/imported-soybean-price-increases-production-to-be-boosted