Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GOLDEN RICE PUNYA NUTRISI YANG SAMA DENGAN PADI TRADISIONAL UNTUK TINGKATKAN KANDUNGAN PROVITAMIN A

Tanggal : 10 July 2019

Analisis komposisi tanaman rekayasa genetika menentukan perubahan signifikan dalam komposisi nutrisi dibandingkan dengan rekan konvensionalnya. Artikel yang dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menampilkan hasil analisis komposisi padi, jerami, dan bekatul dari padi biofortifikasi (Golden Rice atau GR2E) dibandingan dengan sampel dari non-transgenik, near-isogenic, padi kontrol (PSBRc82) yang ditanam lebih dari dua musim tanaman di Filipina selama 2015-2016 di empat lokasi yang mewakili berbagai kondisi penanaman padi di negara tersebut. 

 

Contoh bulir padi dianalisis untuk komponen nutrisi utama seperti serat, gula, asam lemak, asam amino, vitamin, mineral, proksimat, dan anti-nutrisi. Hasil menunjukkan bahwa satu-satunya perbedaan biologis antara Golden Rice dan padi konvensional adalah jumlah beta karoten (prekursor vitamin A) dan karotenoid provitamin A lainnya dalam bulir. Parameter komposisi lainnya ditemukan berada dalam kisaran variabilitas alami varietas padi konvensional dengan sejarah konsumsi yang aman. Konsentrasi rata-rata konsentrasi provitamin A dalam Golden Rice giling dapat berkontribusi hingga 89-113% dan 57-99% dari kebutuhan vitamin A untuk anak-anak pra-sekolah masing-masing di Bangladesh dan Filipina.

 

Baca artikel penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry https://pubs.acs.org/doi/10.1021/acs.jafc.9b01524.