Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GLOBAL: FAO, IFAD, WFP RILIS PERNYATAAN BERSAMA DI TENGAH LONJAKAN HARGA PANGAN

Tanggal : 12 September 2012

rganisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (IFAD) dan Program Pangan Dunia (WFP) bersama-sama mengeluarkan pernyataan mengenai situasi harga pangan internasional saat ini. Pernyataan tersebut utamanya membahas akar permasalahan tingginya harga pangan dan kelaparan. 

Menurut laporan tersebut, kenaikan harga pangan internasional dapat dikaitkan dengan perubahan iklim, seperti kekeringan di beberapa bagian dunia sehingga terjadi gangguan produksi gandum global hampir setiap tahun sejak tahun 2007, sementara banjir besar juga telah menyebabkan kerusakan parah pada tanaman. Pergeseran prioritas beberapa produksi tanaman untuk tujuan non-pangan dan spekulasi keuangan yang meningkat juga mempengaruhi tingkat harga pangan dan volatilitas.

Organisasi yang bermarkas di Roma itu menjamin bahwa situasi harga pangan internasional saat ini berada dalam kontrol dan insiden 2007-2008 tidak akan terulangi, ketika harga pangan global mencapai tingkatan tertinggi.