Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GLOBAL: CGIAR BEKERJA SAMA DENGAN BANK GEN UNTUK REVITALISASI KEANEKARAGAMAN TANAMAN PANGAN

Tanggal : 13 February 2013

Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR) telah sepakat untuk bermitra dengan Global Crop Diversity Trust dalam Program Penelitian CGIAR untuk Mengelola dan Mempertahankan Koleksi Tanaman selama 5 tahun, sebuah program yang bertujuan untuk menjaga 706.000 sampel sumber daya tanaman pangan, tanaman berdaun dan agroforestri pada bank-bank gen di 11 pusat penelitian CGIAR di seluruh dunia.

Selain menjaga ketahanan koleksi tanaman yang ada, kemitraan Konsorsium CGIAR dengan Trust berencana untuk menambahkan 56.000 sampel baru ke bank-bank gen tersebut pada tahun 2015, termasuk sejumlah besar tanaman-tanaman yang merupakan kerabat liar tanaman budidaya. Tanaman liar yang mememiliki kekerabatan dengan tanaman budidaya, seringkali mengandung sifat-sifat penting, seperti toleransi terhadap kekeringan atau ketahanan terhadap penyakit yang sulit ditemukan pada tanaman budidaya. Teknologi pemuliaan tanaman terbaru memudahkan pemulia untuk “meminjam” sifat-sifat dari tanaman liar yang memiliki kekerabatan dengan tanaman budidaya dan menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas atau performatanaman budidaya.

Kemitraan baru antara Trust dan Konsorsium CGIAR akan mengalokasikan US $ 109 juta selama lima tahun ke depan untuk membiayai pelestarian tanaman dan koleksi di bank gen-bank gen CGIAR.