Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GLOBAL: BANK DUNIA RESPON LONJAKAN HARGA PANGAN DUNIA

Tanggal : 5 September 2012

 

Bank Dunia menyatakan keprihatinannya terhadap situasi pangan dunia saat ini dikarenakan kekeringan luar biasa yang terjadi di AS dan kondisi lahan di areal produksi serealia/biji-bijian, yang mengakibatkan kenaikan harga pangan internasional.

 

Bank Dunia lebih lanjut menjelaskan bahwa yang paling terkena dampak dari bencana ini adalah  negara-negara miskin di dunia karena kerentanan mereka terhadap kenaikan harga pangan sangat tinggi. Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menambahkan bahwa ketika harga pangan meningkat tajam, masyarakat mengatasinya dengan megeluarkan anak-anak mereka dari sekolah dan membeli pangan murah, kurang gizi, yang akhirnya memberikan dampak jangka panjang terhadap kehidupan sosial, fisik, dan mental jutaan pemuda di negara-negara tersebut.

 

Bank Dunia berjanji untuk membantu negara-negara klien melalui langkah-langkah seperti peningkatan sektor pertanian dan investasi yang berhubungan dengan pertanian, saran kebijakan, pendanaan jalur cepat, Program Donor Pertanian Global dan Program Ketahanan Pangan, serta produk-produk manajemen risiko. Bank Dunia juga berkoordinasi dengan badan-badan di PBB untuk meningkatkan transparansi pasar pangan dan membantu pemerintah dalam mengatasi lonjakan harga pangan global.

 

Lihat siaran pers Bank Dunia di http://www.worldbank.org/en/news/2012/07/30/food-price-volatility-growing-concern-world-bank-stands-ready-respond