Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GETAH DANDELION LINDUNGI AKAR DARI SERANGGA PEMAKAN

Tanggal : 13 January 2016

Dandelion adalah gulma yang tidak disukai oleh banyak tukang kebun, tetapi tanaman ini memiliki banyak serangga musuh karena lateks mereka pahit. Para ilmuwan di Institut Max Planck untuk Ekologi Kimia di Jena, Jerman, dan Universitas Bern, Swiss, telah menunjukkan bahwa senyawa tunggal dalam getah melindungi akar dandelion terhadap larva cockchafer rakus.

 

Para ilmuwan menemukan konsentrasi tertinggi dari getah pahit di akar dandelion. Analisis komponen getah dandelion menunjukkan bahwa zat tunggal diidentifikasi sebagai lakton seskuiterpen, taraxinic acid β-D-glucopyranosyl ester (TA-G), secara negatif mempengaruhi pertumbuhan larva cockchafer. Ketika zat murni ditambahkan ke pola makan larva buatan dalam jumlah ekologis yang relevan, ulat memakan lebih sedikit.

 

Para peneliti berhasil mengidentifikasi enzim dan gen yang bertanggung jawab untuk pembentukan prekursor biosintesis TA-G, dan mampu merekayasa tanaman dengan TA-G lebih rendah. Akar tanaman rekayasa yang sedikit TA-G diserang lebih banyak larva cockchafer. Sebuah percobaan taman umum dengan garis dandelion yang berbeda mengungkapkan bahwa tanaman yang menghasilkan jumlah TA-G yang lebih tinggi mempertahankan vegetatif lebih tinggi dan kebugaran reproduksi ketika mereka diserang oleh larva cockchafer.

 

Untuk lengkapnya mengenai studi ini, baca rilis beritanya di Institut Max Planck untuk Ekologi Kimia http://www.mpg.de/9819068/dandelion-protection-herbivore-attack?filter_order=L&research_topic=.