Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GENOMIK DAPAT BANTU TINGKATKAN KETAHANAN SORGUM TERHADAP PERUBAHAN IKLIM

Tanggal : 15 July 2015

Sorgum adalah salah satu tanaman biji-bijian sereal yang paling dibudidayakan di seluruh dunia dan meningkatkan toleransinya terhadap perubahan iklim diperlukan untuk ketahanan pangan. Namun, menemukan ciri-ciri adaptif ini sulit.

 

Dalam sebuah studi yang dipimpin oleh peneliti Kansas State University, tanda genomik dievaluasi jika mereka dapat digunakan dalam mengidentifikasi varietas sorgum yang akan bertahan dalam kondisi kekeringan. Hal ini dilakukan melalui evaluasi respon kekeringan varietas sorgum yang berbeda di bawah kondisi cekaman kekeringan.

 

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa tanda genomik memang akan membantu dalam memprediksi varietas sorgum berkembang baik dalam kondisi kekeringan. Hal ini akan membantu dalam menemukan varietas yang cocok dan gen yang diperlukan untuk meningkatkan toleransi kekeringan sorgum. Selanjutnya, para peneliti menempatkan temuan mereka dalam database untuk membantu pemulia sorgum dari negara-negara berkembang meningkatkan varietas sorgum yang lebih baik.

 

Studi lengkapnya dapat dibaca di situs Kansas State University di http://www.k-state.edu/media/newsreleases/jul15/sorghumstress7915.html dan Science Advances di http://advances.sciencemag.org/content/1/6/e1400218.full.