Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GENOM GANDUM DURUM DIKODEKAN

Tanggal : 10 April 2019

Para peneliti yang terdiri lebih dari 60 ilmuwan dari tujuh negara telah mempublikasi hasil penelitian mereka yang merinci urutan genom gandum durum. Dengan membandingkan gandum durum dengan kerabat liarnya, para peneliti dapat memeriksa urutan dan struktur genomnya. Mereka kemudian dapat melihat cetak biru gen yang mengarahkannya pada identifikasi cepat gen yang bertanggung jawab untuk sifat spesifik tanaman yang diinginkan. Menurut salah satu ilmuwan, mengidentifikasi penanda DNA gen penting untuk evolusi dan pemuliaan gandum durum, karena mereka dapat memahami mana kombinasi gen yang mengendalikan penanda spesifik yang perlu difokuskan dan dipelihara selama pemuliaan. Mereka juga dapat mengungkap dan memetakan area keberagaman genetika yang menghasilkan pemulihan gen bermanfaat yang hilang selama pemuliaan berabad-abad.

 

Investigasi lebih lanjut juga memungkinkan para peneliti untuk menemukan gen yang bertanggung jawab atas akumulasi kadmium. Mereka juga menemukan cara mengurangi kandungan kadmium secara signifikan dalam bulir untuk memastikan keamanan dan nilai gizi gandum berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia.

 

Gandum durum terutama digunakan sebagai bahan mentah untuk pasta dan produksi couscous,  dan salah satu makanan pokok populasi saat ini. Permintaan gandum durum yang lebih banyak dan kualitas lebih tinggi telah meningkat selama ini. Arti penting dari penelitian ini memungkinkan para ilmuwan masa depan mengeksplorasi genetika dan genetika protein gluten gandum durum dan faktor-faktor yang mengendalikan sifat nutrisinya.

 

Baca studi lengkapnya di Nature Genetics https://www.nature.com/articles/s41588-019-0381-3#Sec9.