Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN SBNRAT1 DALAM SORGUM BERFUNGSI UNTUK TOLERANSI TERHADAP ALUMUNIUM

Tanggal : 7 June 2017

The Natural Resistance Associated Macrophage Proteins (NRAMP) memainkan peran dalam mengangkut logam dalam tanaman. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa OsNrat1 (OsNramp4) dalam padi (Oryza sativa) mengkodekan transporter alumunium, yang diperlukan untuk toleransi alumunium padi.

 

Para peneliti dari Universitas Guangxi, dipimpin oleh Muxue Lu, mengkarakterisasi satu anggota NRAMP dalam sorgum (Sorghum bicolor), SbNrat1, yang homolog ke OsNrat1. SbNrat1 ditemukan terekspresi baik pada akar maupun tunas, dan ekpresi ini tidak diinduksi oleh perlakuan alumunium.

 

Ketika diekspresikan dalam ragi, protein SbNrat1 mengangkut ion alumunium trivalen, tetapi bukan mangan dan kadmium. Untuk membuktikan homologinya dengan OsNrat1, ia dimasukkan ke dalam mutan osnrat1 padi. Ekpresi SbNrat1 dalam mutan melepaskan sensitivitasnya terhadap alumumnium. Namun, tidak ada korelasi yang ditemukan antara toleransi alumunium dan tingkat ekspresi SbNrat1

 

Data-data ini menunjukkan bahwa fungsi SbNrat1 sebagai pengangkut alumunium dan terlibat dalam toleransi alumunium dasar dalam sorgum.

 

Informasi lebih lanjut, baca artikelnya di Plant Science http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0168945217302182.