Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN PADI OSBON1 DAN OSBON3 TEKAN KETAHANAN PENYAKIT SPEKTRUM LUAS

Tanggal : 7 March 2018

Pemuliaan ketahanan terhadap penyakit merupakan strategi yang paling efektif untuk mengendalikan penyakit. Namun, pengentahuan tentang gen dan mekanisme ketahanan spektrum luas dan trade-off antara pertahanan dan pertumbuhan tanaman terbatas. Tim Xin Yin dari Chinese Academy of Sciences bertujuan untuk membuktikan bahwa gen rice copine OsBON1 dan OsBON3 adalan penekan imunitas sejak kedua gen tersebut mengubah lokalisasi protein mereka pada tantangan patogen.

 

Knockdown OsBON1 dan OsBON3 meningkatkan ketahanan terhadap bakterial padi dan patogen jamur. Namun, aktivasi pertahanan pada mutan knockdown OsBON1 diasosiasikan dengan penurunan pertumbuhan. Sebaliknya, ekpresi berlebih pada OsBON1 dan OsBON3 menurunkan ketahanan penyakit, tetapi meningkatkan pertumbuhan tanaman.

 

Penelitian menunjukkan bahwa gen rice copine memainkan peran negatif dalam mengatur ketahanan penyakit dan kadar ekspresi mereka dan lokasi protein memiliki dampak besar pada keseimbangan atara imunitas dan sifat agronomik.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel Plant Biotechnology Journal https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/pbi.12890.