Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN PADI BERIKAN KETAHANAN KARAT CITRUS PADA JERUK MANDARIN TRANSGENIK

Tanggal : 28 February 2018

Rekayasa genetika menawarkan satu metode alternatif untuk pemuliaan konvensional jeruk mandarin ‘W. Murcott' (Citrus sp.), salah satu kutivar komersial paling penting yang tumbuh di dunia. Ahmad Omar dari Universitas Florida dan Universitas Zagazig di Meris menggunakan rekayasa genetika untuk memberikan ketahanan karat citrus dalam jeruk mandarin W. Murcott.

 

Transformasi jeruk mandari W. Murcott dicapai melalui sistem transformasi protoplasma menggunakan Xa21, sebuah gen ketahanan Xanthomonas dari padi. Sepulih galur transgenik dikembangakan dari transformasi dan dikenai patogen karat citrus menggunakan semprotan inokulasi dalam kondisi laboratorium. Tanaman transgenik menunjukkan penurunan jumlah lesi dan populasi bakteri dalam lesi dibanding tanaman kontrol tipe liar.

 

Penelitian ini menyajikan pendekatan baru untuk memberikan ketahanan karat dalam jeruk mandarin. Namun, galur jeruk mandarin W. Murcott transgenik  membutuhkan evaluasi lebih lanjut dalam kondisi lapangan untuk memvalidasi tingkat ketahanan.

 

Baca artikel penelitian di Transgenic Research https://link.springer.com/article/10.1007/s11248-018-0065-2.