Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN “LIAR” BUKA KESEMPATAN UNTUK VARIETAS PADI LEBIH BAIK

Tanggal : 31 January 2018

Genom dari tujuh varietas padi liar telah lengkap, menurut International Rice Research Institute (IRRI). Publikasi di Nature Genetics, rincian penelitian generasi tujuh genom liar dan dua genom budidaya (IR8 dan N22). IR8, lebih dikenal sebagai “beras ajaib”, dikembangkan oleh para ilmuwan IRRI dan salah satu varietas beras yang mengantarkan Revolusi Hijau di Asia pada 1960 dan mengurangi kelaparan di seluruh dunia.

 

“Sekuensing lengkap tujuh varietas padi liar adalah kemajuan signifikan untuk mendorong evolusi genom lebih lanjut dan domestikasi,” jelas Dr. Rod Wing, salah seorang kepala ilmuwan di penelitian ini. Dia menambahkan bahwa kerabat liar padi terus menjadi reservoir penting bagi pengembangan tanaman karena disesuaikan dengan rentang biogeografis yang berbeda dan dapat mentoleransi banyak stres biotik dan abiotik.

 

Dr. Ruaraidh Hamilton, kepala peneliti LIPI untuk keragaman genetika dan kepala Bank Gen IRRI menyambut terobosan ini. “Ini membuka pintu bagi para pemulia padi untuk memanfaatkan gen dari kerabat liar padi, memungkinkan kita untuk memperbaiki tanaman dengan sifat yang disukai oleh petani dan konsumen. Hal ini juga membawa kita selangkah lebih dekat ke tujuan kita untuk memastikan pangan global dan keamanan gizi melalui produksi beras berkelanjutan,” ujarnya.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis media IRRI http://irri.org/news/media-releases/wild-genes-open-up-opportunities-for-healthier-climate-smart-rice.