Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN KAPAS KURANGI SENSITIVITAS TANAMAN TERHADAP STRES PADA TAHAP PENYEMAIAN

Tanggal : 10 October 2018

Perkecambahan biji dan pembentukan benih pada kapas, tanaman paling penting yang digunakan secara global untuk serat dan minyak, terganggu oleh stres abiotik. Protein PLATZ, yang merupakan faktor transkripsi zink-finger terlibat dalam resposn stres abiotik tanaman, ada dalam kapas, tetapi studi mengenai hal itu terbatas.

 

Para peneliti dari Shandong Agricultural University di Tiongkok menyelidiki fungsi-fungsi biologi dan fisiologis gen kapas GhPLATZ dengen mengekspresikannya pada Arabidopsis melalui media transformasi Agrobakterium. Mereka menentukan ekspresi gen dari trasngen dan melanjutkan analasis perkecambahan biji dan penghijauan kotiledon dan kandungan asam absisat (ABA). Hasilnya menunjukkan bahwa dengan meningkatkan ekspresi gen pada tanaman transgenik, perkecambahan biji lebih cepat, dan pembentukan benih lebih tinggi pada kondisi stres garam dan manitol. Ekspresi gen dianggap dimediasi oleh jalur ABA, giberelin, dan etilen.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel di BMC Plant Biology https://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-018-1416-0.