Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN DARI MELON ASAM LINDUNGI PADI DARI PENYAKIT SHEAT BLIGHT

Tanggal : 3 July 2019

Sheath blight (SB) yang disebabkan oleh jamur Rhizoctonia solani merupakan salah satu masalah dalam produksi padi, tetapi para ilmuwan tidak menemukan sumber ketahan dalam plasma nuftah padi. Dengan demikian, para peneliti dari Southwest University di Tiongkok mencari sumber ketahanan lainnya dan menguji satu gen dari melon pahit. Penemuan dipublikasi di Transgenic Research

 

Tim penelitian mengembangkan galur transgenik yang mempunyai gen kitinasi (McCHIT1) dari melon pahit dengan ketahanan yang baik terhadap SB. Lalu mereka menginokulasi tanaman padi transgenik dan padi liar dengan hifa strain SB patogen yang tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa ada insiden penyakit SB lebih tinggi pada tanaman tipe liar (92%) dibanding galur transgenik (37-44%). Dari hari pertama hingga ke lima setelah inokulasi dengan hifa jamur, aktivitas kitinase dalam tanaman transgenik dengan ketahanan SB tinggi adalah 2 hingga 5,5 dan 1,8 hingga 2,7x masing-masing pada tanaman tipe liar dan tanaman transgenik tahan penyakit. Ada korelasi yang panjang antara ketahanan SB dan aktivitas kitinasi pada tanaman padi transgenik.

 

Berdasarkan hasil tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa McCHIT1 dari melon pahit dapat digunakan untuk melindungi tanaman padi dari infeksi SB. 

 

Baca artikel penelitian untuk lebih jelas https://link.springer.com/article/10.1007/s11248-019-00158-x.