Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN BRASSICA ERD4 TINGKATKAN PERTUMBUHAN, KETAHANAN TERHADAP GARAM, DAN KERING PADA ARABIDOPSIS

Tanggal : 24 February 2016

Gen early responsive to dehydration (BjERD4) adalah kelompok gen tanaman yang berperan dalam toleransi stres tanaman dan pengembangan. Tim peneliti yang dipimpin oleh Archana N. Rai dari Bhabha Atomic Research Centre di India mengisolasi dan menandai dengan gen Brassica juncea 'ERD' (BjERD4) yang mengkode protein pengikat RNA baru.

 

Pola ekspresi ERD4 dianalisis di bawah kondisi stres yang berbeda dan menunjukkan bahwa gen itu diregulasi saat kondisi perlakukan dehidrasi, natrium klorida, suhu rendah, panas, asam absisik dan asam salisilat. BjERD4 ditemukan dilokalisasi di kloroplas. Untuk mempelajari fungsi tersebut, tanaman Arabidopsis transgenik yang dihasilkan dan dianalisis untuk berbagai parameter. Garis transgenik yang mengekspresikan BjERD4 berlebih menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah daun yang lebih lebar dan siliques lebih besar dibandingkan dengan jenis liar, sementara RNAi transgenik dengan knockdown ERD4 menunjukkan penurunan jumlah daun, lebar daun, fenotip kerdil dan perkecambahan biji tertunda.

 

Arabidopsis transgenik yang mengekspresikan BjERD4 berlebih juga menunjukkan peningkatan toleransi terhadap dehidrasi dan tekanan garam, sedangkan garis knockdown lebih rentan dibandingkan dengan tanaman liar di bawah kondisi tekanan yang sama. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa BjERD4 yang terlibat dalam toleransi cekaman abiotik selain memberikan petunjuk baru tentang kemungkinan peran dari ERD4 dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca selengkapnya di Plant Molecular Biology http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26711633#.