Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN ANGGUR LIAR TERLIBAT DALAM RESPON POWDERY MILDEW PADA ANGGUR TRANSGENIK

Tanggal : 20 September 2017

Ubiquitination memainkan peran penting dalam ketahanan penyakit pada tanaman. Lingmin Dai dari Northwest A & F University di Tiongkok mengidentifikasi dan mencirikan gen ligase ubiquitin tipe RING, VpUR9, dari tanaman anggur liar Tiongkok (Vitis pseudoreticulata) yang tahan powdery mildew. Hasilnya dipublikasikan di Plant Cell Tissue and Organ Culture.

 

Gen tersebut ditemukan diinduksi sebagai respons terhadap penyakit powdery mildew dan asam salisilat. Gen VpUR9 diklon dan ditransformasikan menjadi varietas anggur yang (Vitis vinifera L.) Red Globe yang rentan terhadap powdery mildew. Dihasilkan dua belas galur transgenik yang mengandung gen, namun ternyata rentan terhadap powdery mildew. Selanjutnya, ekspresi beberapa gen terkait yang tahan beberapa penyakit dari varietas ini juga menurun dibandingkan dengan jenis liar saat diinokulasi dengan powdery mildew atau asam salisilat.

 

Hasil ini menunjukkan bahwa gen VpUR9 mungkin secara negatif mengatur ketahanan Red Globe transgenik dari powdery mildew dengan mengubah jalur pertahanan SA-dependent dan MeJA-dependent.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, baca artikel di Plant Cell Tissue and Organ Culture https://link.springer.com/article/10.1007/s11240-017-1260-1.