Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GANDUM RG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN ROTI BEBAS GLUTEN

Tanggal : 4 October 2017

Diet bebas gluten merupakan tren baru yang diikuti oleh banyak individu yang sadar kesehatan. Namun, diet ini dirancang untuk penderita penyakit celiac, atau mereka yang tidak dapat mentolerir jenis gluten tertentu dalam sistem pencernaan mereka. Gluten, protein yang ditemukan di gandum, jelai, gandum hitam, dan spesies terkait lainnya, berfungsi sebagai lem saat dimasak atau dipanggang yang merekatkan roti dan kue bersama saat mereka mengembang. Jenis spesifik gluten yang bertanggung jawab untuk menyebabkan reaksi berlawanan disebut gliad.

 

Francisco Barro dari Institute for Sustainable Agriculture di Cordoba, Spanyol, dan rekan-rekannya, menggunakan rekayasa genetika untuk menghilangkan 90 persen gliadins dalam gandum. Mereka menambahkan gen yang menghentikan produksi protein. Untuk mencegah gandum membuat gliad kembali, mereka menyingkirkan 35 dari 45 gen yang terlibat menggunakan pengeditan gen CRISPR.

 

Meskipun gandum yang dihasilkan tidak bisa digunakan untuk memanggang roti tawar yang diiris karena kandungan gluten yang kurang, gandum ini cukup baik untuk membuat baguettes dan roti gulung. Gandum RG saat ini sedang diuji pada 30 pasien celiac dari Meksiko dan Spanyol dan sejauh ini hasilnya sangat menggembirakan.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca rilis berita di New Scienctist https://www.newscientist.com/article/2148596-genetically-modified-wheat-used-to-make-coeliac-friendly-bread/ dan artikel penelitian dengan akses terbuka di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12837/abstract.