Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

Gandeng Kedutaan Besar Amerika, Unej Gelar Seminar Internasional Bioteknologi

Tanggal: 10 July 2019 | Sumber: Kabar24 | Penulis:

JEMBER - Indonesia dan juga dunia tengah menghadapi permasalahan kekurangan pangan, akibat perubahan cuaca, alih guna lahan pertanian hingga makin bertambahnya populasi manusia. Jika tidak ada langkah antisipasi yang tepat, maka bahaya kelaparan bakal melanda dunia.

 

Salah satu usaha yang tengah dikembangkan oleh pemerintah bersama akademisi dan pihak terkait adalah pemanfaatan bioteknologi untuk pertanian. Namun pemanfaatan produk pertanian hasil bioteknologi terutama hasil rekayasa genetika harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian yang berlandaskan pada keamanan pangan, keamanan pakan dan keamanan lingkungan sebelum masuk ke tahapan komersialisasi.

 

Guna membahas hasil-hasil penelitian dan perkembangan terbaru di bidang bioteknologi beserta permasalahan yang melingkupinya, Universitas Jember melalui Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) berinisiatif mempertemukan akademisi, pemerintah selaku regulator dan pihak praktisi beserta kalangan bisnis dalam ajang seminar internasional bertajuk “Agricultural Biotechnology and Biosafety” selama dua hari di Kampus Tegalboto (10-11/7).

 

Ditemui seusai pembukaan seminar, Prof. Bambang Sugiharto, ketua panitia kegiatan menambahkan tujuan seminar kali ini. Masih ada kekhawatiran di kalangan masyarakat akan bahaya yang mungkin ditimbulkan bagi kesehatan manusia, maupun keamanan lingkungan dari Produk Rekayasa Genetika atau PRG untuk tujuan pemenuhan kebutuhan pangan maupun sebagai bahan tanam pada usaha budidaya pertanian.

 

"Keraguan akan keamanan tanaman PRG akan tetap ada selama jaminan keamanan masih belum bisa diberikan. Oleh karena itu hasil seminar kali ini sekaligus menjadi bahan untuk memberikan literasi bioteknologi dan PRG bagi masyarakat umum,” tutur Prof. Bambang Sugiharto yang juga Ketua CDAST Universitas Jember.

 

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Jember yang mengharapkan seminar internasional ini makin meneguhkan posisi Universitas Jember sebagai perguruan tinggi dengan keunggulan di bidang bioteknologi di Indonesia.

 

Reporter: Isriadi

Editor : Rangga Mahardika