Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

FSANZ RILIS LAPORAN PERSETUJUAN UNTUK TURUNAN PANGAN DARI PADI PROVITAMIN A GALUR GR2E

Tanggal : 10 January 2018

Turunan pangan dari padi Provitamin A galur GR2E dapat dijual di Australia dan Selandia Baru. Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) merilis laporan persetujuan untuk Application A1138 yang diajukan oleh International Rice Research Institute yang meminta persetujuan untuk turunan pangan dari padi galur GR2E, rekayasa genetika (RG) untuk memproduksi provitamin A karotenoid, terutama beta-karoten, dalam bulir.

 

FSANZ menekankan bahwa persetujuan tersebut dimaksudkan untuk mencegah gangguan perdagangan jika GR2E secara tidak sengaja ada dalam pengiriman beras giling impor, dan bahwa GR2E tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam persediaan pangan di Australia dan Selandia Baru. 

 

Pengkajian keamanan dan pengkajian risiko nutrisi galur padi RG RR2E disertakan sebagai dokumen pendukung laporan. Tidak ada potensi masalah kesehatan dan keamanan yang teridentifikasi. Berdasarkan data yang tersedia di Application, dan informasi yang tersedia lainnya, turunan pangan dari galur FR2E dianggap sama amannya untuk konsumsi manusia dengan turunan pangan dari kultivar padi konvensional.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca Approval Report dan dokumen pendukung dari situs FSANZ http://www.foodstandards.gov.au/code/applications/Pages/A1138GMriceGR2E.aspx.