Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

FAQ

Apa itu bioteknologi?

Setiap tehnik yang menggunakan sesuatu yang hidup untuk membuat atau memodifikasi suatu produk, memperbaiki tanaman dan binatang, atau untuk mengembangkan mikroorganisme untuk tujuan khusus. Perangkat bioteknologi dapat digunakan untuk membuat produk-produk pertanian, industri, kesehatan dan lingkungan.

Ada dua kelompok besar bioteknologi, yaitu tradisional dan modern. Contoh proses bioteknologi tradisional adalah fermentasi, produksi pupuk organik dan agen pengendali biologis, kultur sel dan jaringan.

Bioteknologi modern melibatkan bioteknologi rekombinan atau rekayasa genetik seperti genomik, bioinformatik, transformasi, pemuliaan dengan bantuan penanda genetik, diagnostik dan teknologi vaksin.

Bagaimana bioteknologi dapat bermanfaat bagi umat manusia?

Produksi pangan - Bioteknologi digunakan untuk menghasilkan bahan pangan, vitamin, kultur starter dan enzim untuk pemrosesan pangan.

Pertanian - Bioteknologi sebagai alat untuk menghasilkan tanaman pangan seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dengan hasil yang lebih tinggi, memerlukan sedikikit pestisida dan pupuk, mempunyai daya simpan yang lama, lebih tahan terhadap penyakit atau tumbuh lebih baik di lahan miskin atau di iklim kering. Para ilmuwan juga menggunakan bioteknologi untuk menghasilkan makanan dengan kandungan nutrisi dan rasa yang lebih baik.

Pengobatan - Beberapa jenis Insulin merupakan contoh produk bioteknologi. Bioteknologi juga menawarkan metode baru untuk menghasilkan vaksin kritis dengan biaya yang lebih rendah.

Pengelolaan lingkungan - Bioteknologi menawarkan kesempatan baru untuk melindungi lingkungan. Contohnya, bakteri transgenik suatu saat nanti digunakan untuk mengkonversi sampah organik menjadi produk bermanfaat atau untuk membersihkan tumpahan minyak.

Apa keuntungan tanaman transgenik dibandingkan tanaman konvensional?

Secara tradisional, seorang pemulia tanaman mencoba untuk mempertukarkan gen diantara dua tanaman untuk menghasilkan keturunan dengan sifat yang dikehendaki. Hal ini dilakukan lewat pemindahan tepung sari suatu tanaman kepada organ betina tanaman lain. Bagaimanapun juga, persilangan ini hanya terbatas pertukaran antara spesies yang sama atau yang sangat erat kekerabatannya. Hal ini juga memerlukan waktu lama untuk mencapai hasil yang diinginkan dan seringkali sifat yang dikehendaki tidak ada pada setiap spesies terkait.

Teknologi transgenik memungkinkan pemulia tanaman membawa gen-gen yang bermanfaat secara bersama-sama dari suatu sumber kehidupan yang luas, tidak hanya dari dalam spesies tanaman atau dari tanaman yang erat kekerabatannya. Tehnik ini memungkinkan pemulia tanaman melakukan pekerjaannya dengan lebih cepat daripada yang telah mereka lakukan selama bertahun-tahun untuk menghasilkan varietas tanaman unggul, yang mana hal ini tidak dijangkau oleh pemuliaan tanaman konvensional.

Apa itu DNA?

DNA singkatan dari deoxyribonucleic acid, yaitu suatu molekul yang terdapat dalam sel semua makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mulai dari bakteri sampai manusia memiliki DNA.

Pada dasarnya, DNA merupakan cetak biru kehidupan. Ia mengandung perintah-perintah yang memberitahu sel bagaimana harus bertindak. Ia juga menentukan bagaimana sifat organisme diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Apa itu gen?

Gen adalah bagian dari DNA yang mengandung informasi yang diperlukan oleh sel untuk hidup. Setiap gen membawa suatu perintah khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu dalam organisme tersebut. Gen bertanggung jawab untuk membentuk protein yang memungkinkan badan kita berfungsi. Contohnya, tinggi dan warna rambut seseorang adalah ditentukan oleh gennya. Gen juga mengontrol pertumbuhan kita, bahkan kerentanan kita terhadap penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.