Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

FAO BERUPAYA MENJEMBATANI KESENJANGAN ANTARA PERTANIAN DAN KEHUTANAN UNTUK TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN

Tanggal : 20 July 2016

Pertanian dikenal menjadi pendorong paling berpengaruh dari deforestasi global, tetapi interaksi positif antara pertanian dan kehutanan dapat dicapai dan diperlukan untuk membangun sistem pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan pangan. Ini merupakan poin utama dari publikasi berjudul The State of World Forests (SOFO), dirilis oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO). Laporan ini diluncurkan pada 23rd Session of the FAO Committee on Forestry (COFO).

 

"Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, serta Perjanjian Paris mengenai perubahan iklim, menyadarkan bahwa kita tidak bisa lagi melihat ketahanan pangan dan pengelolaan sumber daya alam secara terpisah," ujar José Graziano da Silva, Direktur Jenderal FAO, selama pidato pembukaannya pada COFO Session. "Kedua perjanjian tersebut menyerukan untuk pendekatan yang koheren dan terpadu untuk keberlanjutan di semua sektor pertanian dan sistem pangan Hutan dan kehutanan memiliki peran penting dalam hal ini ... Pesan utama dari SOFO jelas: tidak perlu menebang hutan untuk menghasilkan lebih banyak makanan, "tambahnya.

 

Menurut SOFO, tujuh negara (Chili, Kosta Rika, Gambia, Georgia, Ghana, Tunisia dan Vietnam) telah menunjukkan bahwa meningkatkan ketahanan pangan dapat tercapai dengan tetap menjaga cakupan hutan. Enam dari negara-negara tersebut mencapai perubahan positif dalam periode 1990-2015 dengan dua indikator ketahanan pangan - prevalensi kekurangan gizi dan jumlah orang yang kekurangan gizi - serta peningkatan kawasan hutan. Gambia, satu-satunya negara berpenghasilan rendah di antara tujuh negara tersebut, berhasil dalam mencapai tujuan pertama mengurangi separuh jumlah orang lapar dalam periode yang sama.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SOFO dari FAO http://www.fao.org/news/story/en/item/425048/icode/.