Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

FAKTOR TRANSKRIPSI ONAC095 MEMEGANG PERANAN YANG BERLAWANAN DALAM TOLERASI KEKERINGAN DAN DINGIN PADA PADI

Tanggal : 21 September 2016

Beberapa faktor transkripsi NAC memegang peranan yang krusial dalam respon stres abiotik. Tim Lei Huang dari Universitas Zhejiang di Tiongkok baru saja mengkarakteristik satu gen stres padi yang responsif NAC, ONAC095, dan mempelajari peranannya terhadap tolerasi stres kekeringan dan dingin.

 

Ekpresi ONAC095 ditemukan untuk diregulasi oleh stres kekeringan dan asam absisat (ABA), tetapi menurunkan regulasi oleh stres dingin. Dua galur beras transgenik yang dihasilkan, satu berekspresi berlebih ONAC095 (ONAC095-OE) dan yang lain ditekan ONAC095 (ONAC095-SRDX). Tanaman ONAC095-OE menunjukkan fenotipe yang sebanding dengan jenis liar dengan kondisi stres kekeringan dan dingin.

 

Di sisi lain, tanaman ONAC095-SRDX memperlihatkan sebuah peningkatan toleransi kekeringan, tetapi juga sebuah penurunan dalam toleransi dingin. Lebih lanjut, tanaman ONAC095-SRDX menunjukkan sebuah peningkatan sensitivias ABA, mengandung ABA tingkat tinggi, dan menampilkan perubahan ekspresi dari biosintetik ABA dan gen metabolik. 

 

Analisis fungsional ONAC095 menunjukkan gen memegang peranan yang berlawan dalam toleransi stres kekeringan dan dingin. Gen pada padi memberikan respon negatif pada kekeringan, tetapu memberikan respon positig terhadap dingin. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel lengkapnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0897-y.