Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

FAKTOR TRANSKRIPSI ERF109 TINGKATKAN TOLERASI GARAM DALAM ARABIDOPSIS

Tanggal : 12 October 2016

Para peneliti, dipimpin oleh Ahmed Bahielding dari Universitas King Abdulaziz di Kerajaan Arab Saudi, bertujuan untuk mempelajari peran faktor transkripsi (TF) yang diekspresikan oleh gen yang berbungan dengan programmed cell death (PCD) selama stres garam. Team berfokus pada superfamili dari ethylene responsive factor (AP2/ERF) sejak terlibat dalam respon terhadap rangsangan biotik dan abiotik serta programmed cell death (PCD).

 

Daun tembakau (Nicotiana benthamiana) yang terkena asam oksalat menginduksi PCD. Gen yang diregulasi setelah 2 jam perlakuan dan diketahui terlibat dalam PDC digunakan untuk memilih TF. Mutan knockdown dari TF tersebut kemudian dihasilkan melalui virus induced gene silencing (VIGS) dalam tembakaun untuk mengetahui peran mereka selama PCD.

 

Dua TF, yang dinamakan ERF109 dan TFIID5, diidentifikasi dan diuji dalam Arabidopsis. Analisis sistem gugur dan galur ekspresi berlebih menunjukkan bahwa ekspresi ERF109 memberikan toleransi garam serta menghambat PCD pada tanaman.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel lengkapnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0908-z.