Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EVALUASI PARAMETER BIOKIMIA DAN KETAHANAN KEKERINGAN PADA JAGUNG ZMDREB2A

Tanggal : 26 June 2019

Grup faktor transkripsi DREB terkait dengan respon tanaman terhadp stres abiotik termasuk kekeringan. Pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Vietnam, galur jagung transgenik ZmDREB2A pada fase pembenihan dievaluasi untuk ketahanan kekeringan dan karakteristik biokimia.

 

Hasil menunjukkan bahwa laju bertahan hidup galur ZmDREB2A adalah 2,5 kali lebih tinggi dari pada tanaman tipe liar dalam tes kekeringan buatan. Karakteristik morfologi juga menunjukkan panjang akar galur ZmDREB2A adalah 21-28% lebih tinggi daripada grup kontrol, yang menunjukkan galur ZmDREB2A dapat menahan kekeringan lebih baik. Selain itu, konsentrasi klorofil galur ZmDREB2A 10% lebih tinggi dari tipe liar dalam kondisi kering. Parameter lain seperti proline dan akumulasi karbohidrat nonstruktural untuk galur transgenik lebih tinggi dibandingkan grup kontrol. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca e-paper dalam Bahasa Vietnam dari Khoa Hoc Vacong Nghe Vietnam https://khoahocvacongnghevietnam.com.vn/epaper/viewfile.php?id=11880.