Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EVALUASI DAMPAK EKONOMI DAN LINGKUNGAN DARI PELARANGAN PRG SECARA GLOBAL

Tanggal : 27 July 2016

Para peneliti dari Universitas Purdue meneliti dampak ekonomi global dan emisi gas rumah kaca (GRK) tanaman PRG menggunakan dua model skenarion kontrafaktual dan menilai metode ini secara terpisah atau dikombinasikan. Skenario pertama mempelajari dampak pelarangan PRG secara global, sedangkan yang kedua mencontohkan dampak peningkatan penetrasi PRG dengan fokus menggenai harga, kesejahteraan, dan emisi gas rumah kaca terkait dengan teknologi RG.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga makanan mungkin mengalami kenaikan dari 0,27 hingga 2,2 persen, bergantung pada wilayah. Total kerugian kesejahteraan terkait dengan larangan teknologi RG diperkirakan sampai dengan $ 9,75 milyar. Di samping dampak ekonomi  dari hilangnya sifat bioteknologi yang penting, dampak lingkungan juga dapat terjadi. Analisis lingkungan secara menyeluruh tidak dilakukan dalam studi ini, tetapi kemungkinan perubahan penggunaan lahan karena hilangnya sifat PRG dan emisi gas rumah kaca dianalisis. Hal ini diperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan emisi gas rumah kaca secara signifikan jika teknologi RG dilarang. 

 

Unduh laporannya dalam AgEcon http://ageconsearch.umn.edu/bitstream/235591/2/AAEA%20paper%20Mahaffey%20Taheripour%20Tyner2.pdf