Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: TEKNOLOGI BARU AERONAUTICAL BERTUJUAN UNTUK TINGKATKAN PRODUKSI JAGUNG

Tanggal : 10 April 2013

Sebuah Tim dari Universitat de Barcelona yang dipimpin oleh Profesor Joseph Lluís Araus telah mengembangkan sebuah remote control, pesawat tak berawak yang disebut 'Skywalker', yang dirancang untuk membantu memilih varietas jagung terbaik yang mampu menyesuaikan diri dalam kondisi lingkungan yang merugikan. Reflektansi spektral dan kamera pencitraan termal yang dipasang ke sayap pesawat dapat mengevaluasi pertumbuhan tanaman, suhu, dan air tanah. Pesawat ini dapat terbang lebih dari 600 meter dengan kecepatan rata-rata 45 kilometer per jam. Proses take-off dan landing dapat secara otomatis diprogram dan diharapkan data yang dikumpulkan oleh Skywalker akan berkontribusi terhadap pemuliaan jagung yang lebih efisien, dan mempercepat pengembangan  varietas-varietas  jagung tahan kekeringan dan rendah nitrogen.

Prototipe Skywalker pertama diberikan kepada Pusat Pengembangan Jagung dan Gandum Internasional di Afrika Selatan (CIMMYT), dimana para peneliti berkoordinasi dalam melakukan tes lapangan. Unit kedua direncanakan akan diberikan kepada Institut Penelitian Agronomi Nasional di Peru (INIA).

Informasi lebih lanjut tentang Skywalker ini dapat dibaca di http://www.ub.edu/web/ub/en/menu_eines/noticies/2013/04/006.html