Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: SURVEI TUNJUKKAN ADANYA PENINGKATAN DUKUNGAN TERHADAP PENELITIAN TANAMAN PRG

Tanggal : 27 July 2012

Penerimaan publik terhadap tanaman PRG tampaknya meningkat berdasarkan survei yang dilakukan oleh ComRes untuk The Independent di Inggris.

Para responden ditanya mengenai apakah pemerintah harus mengizinkan penelitian tentang tanaman PRG untuk mengurangi penggunaan pestisida oleh petani. Mayoritas (64%) setuju, 27% tidak setuju, dan 9% ragu-ragu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat "kesenjangan gender" yang signifikan antara perempuan yang memiliki pengetahuan lebih banyak tentang uji coba tanaman PRG daripada laki-laki. Namun, lebih banyak pria (70%) mengatakan bahwa percobaan tersebut harus didukung, sementara hanya 58% dari wanita memiliki pemikiran yang sama.

Beberapa perbedaan juga ditemukan dalam hal pendapat dan usia responden, kelas sosial, atau lokasi. Secara keseluruhan penemuan ini tampaknya dapat mendorong para peneliti  yang berharap bahwa pendekatan yang lebih halus terhadap pengembangan tanaman transgenik di Inggris akan memenangkan sikap  skeptis publik secara bertahap. Saat ini, tidak ada tanaman transgenik yang ditanam secara komersial di Inggris tapi komoditas-komoditas impor seperti kedelai yang digunakan untuk pakan ternak mengandung tanaman transgenik.