Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: PENELITI TEMUKAN BAHWA GULA MEMPENGARUHI PEMBUNGAAN TANAMAN

Tanggal : 13 February 2013

Pembungaan pada tanaman dipengaruhi oleh cahaya dan suhu, namun para peneliti menemukan bahwa sumber energi yang besar juga dibutuhkan dalam proses pembentukkan bunga pada tanaman. Tim peneliti dan Institut Fisiologi Molekuler Tanaman Max Planck di Potsdam dan Institut Pengembangan Biologi Max Planck di Tubingen melaporkan bahwa molekul gula trehalose-6-phosphate (T6P) memegang peranan penting dalam memonitoring penyaluran energi pada tanaman.

Pembentukan bunga merupakan proses yang membutuhkan energi besar dan energi tersebut harus tersedia pada tanaman dalam bentuk gula. Vanessa Wahl, penulis utama dalam laporan penelitian tersebut yang dipublikasikan di Science mnyatakan, “Ketika tanaman mengandung T64, dapat diartikan hal tersebut adalah tanda molekul”. Wahl dan timnya dapat menunda pembungaan dengan menghambat produksi T6P, bahkan menghentikan proses pembungaan. 

Berita lebih lanjut, baca news rilis yang tersedia di http://www.mpg.de/6898274/sugar-flowering. Hasil penelitian terdapat pada jurnal Science edisi 8 Februari dan tersedia di  http://www.sciencemag.org/content/339/6120/704