Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: PATERSON UNGKAP TANTANGAN TEKNOLOGI REKAYASA GENETIKA PADA PERTEMUAN PANGAN UK-IRLANDIA

Tanggal : 5 June 2013

Hon. Owen Paterson, Menteri Lingkungan Hidup, Pangan, dan Urusan Pedesaan Inggris, menyampaikan pidato pada Pertemuan Inovasi Bisnis Pangan Inggris-Irlandia pada tanggal 29 Mei 2013. Dia mengatakan bahwa sektor pangan memiliki peran penting dalam membantu membuka potensi ekonomi Inggris dan Irlandia. Dia menekankan bahwa keberhasilan industri pangan dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk merangkul teknologi baru seperti teknologi rekayasa genetika.

"Bukan rahasia lagi bahwa teknologi rekayasa genetika memiliki potensi sebagai alat penting untuk membantu kita dalam mengatasi tantangan global ketahanan pangan dan intensifikasi pertanian berkelanjutan. Sebanyak 17 juta petani bertanam tanaman biotek di area seluas 170 juta hektar secara global pada tahun 2012, angka tersebut lebih dari 12 persen dari luas lahan pertanian di dunia dan meningkat 100 kali lipat sejak tahun 1996. "Dia juga membahas pengalaman Brazil, di mana 90 persen kedelai yang ditanam di negara tersebut adalah hasil rekayasa genetika karena  dapat menghemat biaya sebesar 30 persen,dan memberikan manfaat lingkungan dalam mengurangi penggunaan pestisida dan solar.

"Uni Eropa memiliki peraturan terkuat dan terketat berbasis keamanan di dunia akan produk rekayasa genetika -. dan memang  tepat bahwa produk-produk tersebut harus mengikuti peraturan tersebut. Namun, Uni Eropa dapat memfasilitasi akses pasar yang berkeadilan untuk produk yang telah melalui sistem tersebut. Uni Eropa tertinggal di bidang penanaman tanaman rekayasa genetika, dan saya khawatir kita akan menyesal jika kita tidak mencoba dan mengejar ketertinggalan tersebut, "tambahnya.