Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: PARA AHLI BIOLOGI TEMUKAN PROSES YANG MEMPENGARUHI PEMASAKAN BUAH PADA TANAMAN PANGAN

Tanggal : 7 November 2012

Ahli-ahli biologi di University of Leicester telah menemukan proses regulasi sel tanaman yang mempengaruhi kloroplas, bagian dari sel tumbuhan yang bertanggung jawab untuk fotosintesis. Mereka menemukan bahwa kloroplas dipengaruhi oleh Ubiquitin Proteasome System (UPS), pemecahan protein dalam sel yang tidak diinginkan dalam sel. Akibatnya, para peneliti percaya bahwa mereka dapat menggunakan protein-protein tertentu untuk mengatur fungsi-fungsi kloroplas termasuk konversinya ke dalam chromoplasts berpigmen tinggi selama proses pematangan buah.

Hasil penelitian mereka diterbitkan dalam jurnal Science pada tanggal 2 November, dan mengidentifikasi gen (SP1) dalam inti sel tumbuhan yang mengkode protein yang disebut ubiquitin ligase E3 yang mengatur pembangunan kloroplas melalui proses UPS. Tim sudah menyelidiki potensi untuk memanfaatkan gen SP1 di tanaman lain, seperti tomat, paprika dan jeruk.

Penelitian ini didanai oleh hibah dari Biotehnology and Biological Sciences Research Council (BBSRC). Rilis berita tersedia di http://www2.le.ac.uk/offices/press/press-releases/2012/november/could-chloroplast-breakthrough-unlock-key-to-controlling-fruit-ripening-in-crops