Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: ILMUWAN JELASKAN MEKANISME PERTUMBUHAN KONSTAN TANAMAN

Tanggal : 30 January 2013

Sebuah tim peneliti dari Universitas Freiburg, Jerman yang dipimpin oleh Prof Dr Thomas Laux telah berhasil mengkonfirmasi bahwa tanaman memerlukan mikro-RNA di ujung tunas untuk mencegah semua sel induk mengubah diri menjadi tipe sel lainnya. Para peneliti Freiburg menggunakan thale cress (Arabidopsis) sebagai organisme percobaan untuk penelitian mereka. Micro-RNA adalah molekul-molekul asam ribonukleat (RNA) yang sangat kecil dari yang tidak dapat memecahkan kode proteinnya sendiri namun mencegah protein-protein tersebut untuk berkembang dari RNA lainnya.

Para ilmuwan sudah familiar dengan sebuah mikro-RNA yang memberikan informasi kepada sel meristem untuk memisahkan diri. Tim peneliti mampu mengidentifikasi mikro-RNA kedua yang untuk mencegah sel induk ber-transformasi.

Mikro-RNA yang baru ditemukan,hanya diproduksi pada satu lapisan sel tertentu saja, yaitu pada epidermis ujung tunas. Mikro-RNA hanya mampu mencapai beberapa lapisan sel dekat epidermis, yang semuanya menjadi sel induk. Area-area yang lebih jauh tidak menerima cukup sel induk, dan sel-sel tersebut mengubah diri menjadi tipe sel lainnya. Dengan cara ini, tanaman dapat mempertahankan sel-sel batang di ujung tunas dan berkembang menjadi daun, bunga, atau buah-buahan terlepas dari pengaruh lingkungan.