Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EROPA: GEN RESISTEN WHITEFLY DITEMUKAN PADA TOMAT GALÁPAGOS

Tanggal : 19 September 2012

Para ilmuwan dari Wageningen University, Belanda, bersama dengan rekan-rekannya, telah mengidentifikasi gen resistens whitefly dalam tomat liar yang dikenal sebagai tomat Galápagos. Whitefly menyebabkan kerusakan besar pada tanaman dan buahnya, serta merupakan vektor penting dari penyebaran virus tanaman.

Para ilmuwan menguji benih pada varietas-varietas tomat hasil persilangan yang didapat dari bank gen, kemudian diukur ketahanannya terhadap whitefly. 30 varietas diuji melalui perlakuan dengan whitefly dan diamati jumlah telur yang terdapat pada tanaman selama lima hari. Penelitian  tersebut menunjukkan terdapat satu varietas hasil persilangan yang sepenuhnya tahan terhadap whitefly - tomat liar dari Kepulauan Galapagos. Para ilmuwan kemudian mengidentifikasi dua gen resisten dalam tomat liar menggunakan penelitian DNA.

Dengan penemuan ini, sebuah perusahaan pemuliaan tanaman berharap dalam dua tahun ini agar dapat mengintroduksi gen tersebut ke dalam tomat budidaya dan menjadikan tomat lebih tahan lama.