Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ENZIM BUNGA MATAHARI TINGKATKAN SIFAT AGRONOMI DALAM TEMBAKAU

Tanggal : 6 January 2016

Geranylgeranyl pyrophosphate synthase (GGPS) adalah enzim kunci untuk kelas keragaman struktural metabolit biosintesis isoprenoid. Tim Sandeep Kumar Tata dari Universitas Sains dan Teknologi di Korea Selatan menunjukkan sebuah kloroplas target GGPS dari bunga matahari (Helianthus annuus) dalam tembakau (Nicotiana tabacum).

 

Tanaman tembakau transgenik mengekspresikan GGPS yang menunjukkan peningkatan pertumbuhan, berbunga awal, peningkatan jumlah polong biji dan hasil biji lebih besar dibandingkan dengan tipe liar tanaman. Tingkat giberelin tanaman trangenik-HaGGPS juga lebih tinggi, menunjukkan bahwa fenotipe yang diamati mungkin dari peningkatan kandungan giberelin. Namun, cacat fenotipik yang dilaporkan sebelumnya untuk pada tanaman transgenik yang mengekspresikan gen biosintesis giberelin tidak hadir.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi GGPS dalam tanaman dapat menghasilkan sifat agronomi yang diinginkan. Penelitian ini memiliki penerapan potensial untuk produksi cepat tanaman biomassa yang menyediakan biomaterial bernilai komersial atau bioenergi.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut, baca jurnal lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12333/full.